News

Aplikasi Pembelajaran E-Learning Madrasah Sangat Bermanfaat Bagi Siswa MAN 2 Sleman

Sleman (MAN 2 Sleman)- Masa pandemi belum juga usai melanda Indonesia, hal ini menuntut guru untuk terus melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara daring/online. Berbagai macam media online pun tersedia untuk digunakan, dari yang gratis hingga berbayar. Misalnya dengan media Whatsapp Grup, Google Formulir, Google Classroom, Quipper, Geschool. Sedangkan untuk madrasah memiliki aplikasi pembelajaran yang dikenal dengan E-Learning Madrasah (Elma). Elma merupakan aplikasi pembelajaran yang dibuat oleh kementerian agama untuk memudahkan madrasah dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) dan dapat diakses secara gratis. 

Aplikasi ini sangat membantu dalam memudahkan pelaksanaan PJJ online. Hal ini sangat dirasakan oleh MAN 2 Sleman. Madrasah berbasis inklusi dimana tidak hanya siswa awas namun juga dengan siswa difabel netra. Sehingga dalam proses PJJ setiap guru harus merancang proses pembelajaran yang dapat diterima dan difahami oleh difabel netra. Terbayang betapa sulitnya ketika siswa yang belum terlalu faham teknologi untuk mengikuti proses pembalajaran ini. Apalagi dengan siswa difabel netra, tentu akan menjadi lebih sulit.

Ternyata hal ini mendapat respon yang sangat positif, penulis dapatkan dari tulisan salah satu siswa difabel netra MAN 2 Sleman, bernama Akbar Arianto Putra yang masih duduk di bangku kelas XI, menuliskan sedikit ceritanya di akun Facebooknya (Akbar Ariantono Putra) tentang bagaimana ia menikmati belajar dengan aplikasi elearning madrasah. “Jujur saya bisa belajar banyak hal, kesabaran ketika mengeksplor E-learning yang 80 persen ramah dengan pembaca layar dan teliti dalam mengikuti setiap menu yang ada, meskipun di bagian-bagian tertentu belum terlalu akses seperti pada bagian ujian”. 

Di akhir tulisannya ia pun menyampaikan ajakan untuk rekan-rekan pelajar di manapun berada, “Mari bersama-sama memanfaatkan media yang ada dengan sebaik mungkin, agar program madrasah hebat bermartabat” bisa terselenggara dengan baik,” tuturnya. 

Ini adalah bukti yang positif bagi MAN 2 Sleman dan juga madrasah lainnya, bahwa dengan aplikasi pembelajaran e-learning madrasah bisa memberikan proses belajar mengajar dengan baik dan menyenangkan bagi siswa-siswi yang ada. (Qoma)

 

Facebook Comments

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Lewat ke baris perkakas