News

Sebanyak 50 Siswa MAN 2 Sleman Ikuti Simulasi Asesmen Kompetensi Minimum

Sleman (MAN 2 Sleman) – Sebanyak 50 siswa MAN 2 Sleman mengikuti Simulasi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi pada hari Rabu-Kamis (03-04 Agustus 2022) di Laboratorium Komputer MAN 2 Sleman. 

Sebelum kegiatan simulasi dilaksanakan, MAN 2 Sleman telah melaksanakan sosialisasi kepada peserta didik, wali murid serta seluruh guru pada hari Senin (01/08/2022) di Aula Madrasah. Hal ini disampaikan Kepala MAN 2 Sleman Drs. Muhammad Wahdan Zani saat ditemui reporter madrasah. “Sosialisasi ini kita laksanakan untuk mempersiapkan siswa mengikuti simulasi dan pelaksanaan AKM dengan baik, belajar dengan sungguh-sungguh, disiplin serta mengikuti sesuai dengan tata tertib yang ada”, tuturnya.

Dalam pelaksanaan simulasi, masing-masing peserta didik mengerjakan soal dengan materi numerasi meliputi literasi membaca dan literasi matematika, survei karakter meliputi enam aspek profil pelajar pancasila, antara lain beriman serta bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif serta survei lingkungan belajar. 

Simulasi AKM dilaksanakan untuk melihat kesiapan peserta didik maupun guru sebelum jadwal atau pelaksanakan secara resmi pada tanggal 29 Agutus – 01 September 2022 mendatang. Waka Kurikulum Hj. Nur Syam’ah, M.Pd menyampaikan kegiatan AKM  merupakan salah satu evaluasi yang dilakukan pemerintah untuk pemetaan mutu. “AKM dilaksanakan sebagai instrumen untuk pemetaan mutu sistem pendidikan pada tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah dengan menggunakan instrumen yang telah disediakan”, katanya.

Nur Syam’ah juga menambahkan peserta AKM tidak hanya siswa, namun Kepala Madrasah serta  guru baik ASN maupun non ASN juga menjadi peserta AKM, dengan jadwal dan materi yang berbeda. 

“Kepala Madrasah dan guru menjadi peserta simulasi AKM terjadwal pada tanggal 01-10 Agustus 2022 dengan materi simulasi survei lingkungan belajar, masing-masing mengerjakan simulasi AKM menggunakan link yang telah disediakan dengan durasi waktu 120 menit”, jelasnya. (Qoma)

Facebook Comments

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Lewat ke baris perkakas