News

Siswa Disabilitas MAN 2 Sleman Ikuti MATSAMA Online

Sleman (MAN 2 Sleman)- Sebanyak 201 siswa baru MAN 2 Sleman mengikuti kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) online yang dilaksanakan pada hari Senin-Rabu, (13-15/07) menggunakan aplikasi WhatsApp Group dan Channel Youtube.

Kegiatan ini diperlukan dalam rangka memperkenalkan lingkungan madrasah, menggali potensi siswa dan menentukan keberhasilan dalam rangkaian proses pembelajaran. Seluruh peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini, disetiap kegiatan mereka wajib memulai kegiatan dengan sholat dhuha, membaca do’a, presensi dengan mengirimkan bukti foto diri dan menyanyikan lagu Indonesia raya serta diakhir kegiatan melaksanakan posttest dengan menjawab pertanyaan mengenai materi yang telah diberikan.

Peserta dalam kegiatan ini tidak hanya siswa baru, namun orang tua siswa pun ikut memantau kegiatan yang dilaksanakan melalui WhatsApp Group yang dibuatkan oleh panitia. Semua pihak baik panitia, wali siswa dan siswa baru pun menjadi penentu untuk mensukseskan kegiatan MATSAMA online.

Sebagai sekolah ramah inklusi, peserta didik MAN 2 Sleman terdiri dari siswa awas dan juga siswa penyandang disabilitas, untuk itu peserta MATSAMA online pun diikuti oleh siswa disabilitas sejumlah 4 siswa. Mereka mengikuti kegiatan secara online dari rumah, dengan dipandu panitia melalui WhatsApp Group. Baik siswa awas maupun disabilitas mengikuti dengan baik dan sangat senang, hal ini dibuktikan dengan jawaban posttest yang dikirim melalui google form yang telah di buat. “MAN 2 Sleman merupakan sekolah yang sangat bagus, saya sangat senang bisa diterima, kegiatan MATSAMA yang dilaksanakan menyenangkan, walaupun tidak bisa tatap muka namun saya senang dan enjoy dengan dilaksanakannya melalui daring/online, “ujar Ajin salah satu siswa baru.

Begitupun dengan siswa penyandang disabilitas mereka dapat mengikuti kegiatan selama 3 hari dengan baik, baik presensi dengan google form, mendengarkan materi di channel youtub hingga mengikuti arahan di WhatsApp Group dapat mereka ikuti dan laksanakan tanpa ada kendala. Mereka sangat berharap diterimanya di MAN 2 Sleman bisa menjadi penentu dalam mengembangkan potensi yang mereka miliki, tanpa ada perbedaan dengan yang lainnya dan bisa menjadi generasi yang hebat. (Qoma)

Facebook Comments

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Lewat ke baris perkakas