Sleman (MAN 2 Sleman)– Dalam proses pembelajaran, setiap guru di MAN 2 Sleman harus memiliki inovasi dan terobosan baru perihal metode pembelajaran yang akan digunakan. Hal ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan efektivitas penerimaan materi ajar siswa. Salah satu guru Sosiologi Muhammad Ridwan Aziz, S.Pd., gunakan metode Project Based Learning (PjBL) pada materi Peran Nilai dan Norma Sosial di Masyarakat. Dengan metode PjBL ini diharapkan siswa dapat membuat projek gagasan tertulis sosiologi berupa Karya Tulis Ilmiah.
Kegiatan pembuatan projek ini dilakukan pada Rabu (14/05/2024) di kelas X D. Secara berkelompok siswa melakukan olah data. Siswa mengumpulkan data siswa yang dating terlambat ke madrasah pada buku pemantauan kehadiran siswa. kemudian mereka akan mencari referensi pada penelitian lain yang terkait dengan tema tersebut. Kemudian hasil akhir mereka akan membuat projek gagasan tertulis berupa karya tulis ilmiah.
Siswa sangat antusias mengikuti pembelajaran. “Sangat menyenangkan ketika mengikuti pembelajaran sosiologi, kita dapat berlatih membuat karya tulis ilmiah melalui permasalahan konkret yang ada di madrasah kita”, ujar Hanifah salah satu siswa X D.
Tujuan dalam pembelajaran menggunakan metode PjBL ini ialah mengajak siswa untuk berfikir kritis dengan menganalisis masalah kedisiplinan di madrasah dan memberikan solusi dari permasalahan tersebut.
Kepala MAN 2 Sleman Edi Triyanto S.Ag., S.Pd., M.Pd., mengapresiasi guru Sosiologi yang menggunakan metode pembelajaran menarik. Ia berpendapat bahwa pembelajaran yang menyenangkan akan memudahkan siswa memahami materi yang sedang diajarkan. Diharapkan setiap guru terus berinovasi melakukan pembelajaran dengan metode yang menarik. Sehingga siswa tidak merasa bosan dan jenuh ketika di kelas. (Tsa)
MAN 2 SLEMAN © PORTAL MADRASAH