MAN 2 Sleman dan UPN Buat Pestisida Nabati Dalam Kegiatan P5RA

Sleman (MAN 2 Sleman) – Kegiatan P5RA MAN 2 Sleman terlihat berbeda. Kali ini mereka membuat pestisida nabati sebagai proyek pertanian berkelanjutan. Siswa diajak untuk peduli terhadap lingkungannya sebagai wujud cinta kepada tanah kelahiran mereka. Kegiatan diawali dengan sosialisasi kegiatan P5RA dengan tema “Pembuatan Pestisida Nabati” bertempat di Masjid Baitul Muta’allimin MAN 2 Sleman pada Jum’at (02/9/2024) yang diikuti oleh seluruh siswa kelas X.

Pemateri dari kegiatan P5RA pembuatan pestisida nabati adalah perwakilan mahasiswa UPN yang tergabung dalam Youth Agricareture – Goes to School. Mereka membimbing para siswa untuk membuat pestisida nabati. Awalnya mereka mencacah daun pepaya lalu memasukkannya ke dalam botol air mineral. Air detergen dan minyak tanah dimasukkan juga ke dalam botol dan ditambah air sampai hampir penuh. Botol dikocok-kocok sampai isi tercampur rata dan didiamkan selama 1 hari. Dengan begitu pestisida alami siap digunakan.

Kepala MAN 2 Sleman Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd., melihat anak didiknya sangat antusias dalam mempraktekkan pembuatan pestisida nabati. Ia menilai bahwa anak didiknya banyak yang tertarik dengan model pembelajaran yang bersifat proyek. “Sepertinya siswa saat ini lebih menyukai pembelajaran aktif yang melibatkan dirinya seperti proyek. Sehingga para guru dapat mengarahkan pembelajarannya seperti itu agar siswa bersemangat belajar,” kata Edy. (tsa)

       

Bagikan :

Artikel Lainnya

Alumni Sumbang Tujuh Judul Buku ...
Sleman (MAN 2 Sleman)- Rabu, 26 September 2024 Perpustakaan Ba...
Tingkatkan Adab dan Kedisiplinan...
Sleman (MAN 2 Sleman) – MAN 2 Sleman menyelenggarakan kegiatan...
PKS MAN 2 Sleman Resmi Dilantik ...
Sleman (MAN 2 Sleman) – Siswa yang tergabung dalam PKS MAN 2 S...
MAN 2 Sleman Berikan Pelatihan P...
Sleman (MAN 2 Sleman) – Patroli Keamanan Sekolah (PKS) yang me...
Siswa MAN 2 Sleman Semangat Ikut...
Sleman (MAN 2 Sleman)-- Seni kriya adalah karya yang menekanka...
MAN 2 Sleman Sambut Baik Monev B...
MAN 2 Sleman – Untuk memonitoring dan mengevaluasi pengadaan b...

Hubungi kami di : 6285725028052

Kirim email ke kamiadmin@man2sleman.sch.id

Download App Man2Sleman

Nikmati Cara Mudah dan Menyenangkan Ketika Membaca Buku, Update Informasi Sekolah Hanya Dalam Genggaman