Sleman (MAN 2 Sleman)– Model pembelajaran merupakan bagian penting dalam perencanaan dan penyampaian materi pembelajaran di kelas. Model pembelajaran digunakan untuk membantu memperjelas prosedur pada saat guru mengajar sesuai dengan desain pembelajaran. Ada beberapa macam model pembelajaran diantaranya adalah model Problem Based Learning. Problem Based Learning adalah model pembelajaran yang mengutamakan seberapa aktif peserta didik dalam berpikir kritis dan selalu terampil ketika dihadapkan pada penyelesaian suatu permasalahan.
Seperti halnya pembelajaran Matematika di MAN 2 Sleman pada Kamis (16/05/2024). Nur Syam’ah, M.Pd. Guru matematika peminatan memberikan materi Polinomial di kelas XI IPA 2 dengan menerapkan model pembelajarab PBL (Problem Based Learning). Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok kemudian diberikan soal terkait Polinomial. Mereka mendiskusikan soal tersebut hingga menemukan cara dan jawaban soal itu. Setelah semua selesai maka setiap perwakilan kelompok akan maju ke depan untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka.
Pembelajaran yang dilaksanakan jam ke 3-4 ini berjalan dengan lancar. Semua siswa antusias mendiskusikan materi polinomial. “Sangat senang sekali belajar matematika karena tidak monoton dijelaskan tetapi kita yang diminta aktif berdiskusi dan kita yang menjelaskan juga ke depan kelas.” Ujar Kholid salah satu Siswa kelas XI IPA 2.
Kepala MAN 2 Sleman Edi Triyanto S.Ag., S.Pd., M.Pd., selalu mendukung hal yang dilakukan guru dalam memotivasi belajar siswa di madrasah. “Kami persilakan bapak ibu guru untuk menggunakan berbagai metode ataupun model pembelajaran yang variatif agar siswa lebih termotivasi dalam belajar, syukur bisa meningkatkan hasil belajarnya,” ujarnya. (Tsa)
MAN 2 SLEMAN © PORTAL MADRASAH