Sleman (MAN 2 Sleman)– Mata pelajaran matematika seringkali dianggap pelajaran paling sulit oleh peserta didik. Guru Matematika MAN 2 Sleman Hj Marwini Hadiputranti, M.A., mencoba menggunakan metode yang menarik untuk mengajak siswa aktif dalam pembelajaran. Ia menggunakan metode PBL (Problem Based Learning) dalam menjelaskan materi limit fungsi aljabar pada Rabu (15/05/2024).
Kegiatan pembelajaran berlangsung dengan santai dan menyenangkan. Siswa kelas XI IPS I mengikuti pembelajaran dengan sangat antusias. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Kemudian setiap kelompok akan mendapatkan 3 soal limit fungsi aljabar. Mereka mendiskusikan soal tersebut dan menuliskannya di kertas plano. Terakhir mereka akan mempresentasikan hasil kerja kelompok mereka di depan kelas.
Tujuan pembelajaran dengan metode PBL ini ialah siswa dengan berdiskusi akan mudah menyelesaikan soal limit fungsi aljabar. Siswa akan mudah paham dengan mendiskusikan cara menjawab soal tersebut. Selain itu, mereka akan berlatih menjelaskan hasil diskusi mereka di depan teman-temannya.
Kepala MAN 2 Sleman Edi Triyanto S.Ag., S.Pd., M.Pd., memberikan apresiasi kepada guru yang sangat kreatif dalam pembelajaran. “sebagai seorang fasilitator dalam pembelajaran, siswa adalah student centernya bukan lagi guru yang menjadi pusat pembelajaran. Kita cukup memfasilitasi mereka dengan mendiskusikan materi. Dengan student center siswa akan berlatih bernalar kritis menyelesaikan suatu permasalahan.” Ujar Edi. (Tsa)
MAN 2 SLEMAN © PORTAL MADRASAH