MAN 2 SLEMAN GELAR PSIKOTES MINAT DAN BAKAT BAGI KELAS XII

Sleman (MAN 2 Sleman)– Memahami peserta didik, bagi lembaga pendidikan merupakan hal yang wajib. Pemahaman peserta didik, bisa dilakukan melalui teknik tes dan non tes. Selasa (23/07/24), MAN 2 Sleman menyelenggarakan Psikotes bagi siswa kelas XII. Psikotes ini diselenggarakan atas kerjasama madrasah dengan lembaga psikotes Prima Solusi Indonesia. Tes dilaksanakan di ruang kelas masing-masing, dimulai pukul 08.00 – 12.00.

Layanan Assessment ditujukan untuk mengoptimalisasi perkembangan anak dan remaja baik secara langsung maupun tidak langsung, adapun tes yang dilakukan antara lain tes klasikal dan tes individual seperti intelegensi, minat bakat, kepribadian dan penjurusan ke Perguruan Negeri.

Kepala MAN 2 Sleman Edi Triyanto S.Ag., S.Pd., M.Pd., mengungkapkan bahwa pada dasarnya setiap siswa adalah individu unik dengan potensi yang beragam. Beberapa mungkin memiliki potensi dalam bidang olahraga, sementara yang lain mungkin lebih berbakat dalam seni atau bidang akademis. Tujuan dari tes psikotes ini adalah untuk membantu mengidentifikasi potensi dasar siswa, sehingga mereka dapat menjalani pendidikan dan pengembangan karier yang sesuai.

“Selain bermanfaat untuk pengungkapan minat dan bakat siswa, psikotes juga berperan penting dalam penjurusan di perguruan tinggi. Terkadang, kesalahan dalam pemilihan jurusan di perguruan tinggi dapat menyebabkan masalah besar. Jurusan yang sangat bermacam di perguruan tinggi membuat penentuan jurusan yang sesuai semakin rumit. Oleh karena itu, tes psikotes dapat membantu siswa dalam memilih jurusan yang sesuai dengan minat, bakat, dan potensi mereka,” ungkapnya.

Diharapkan dengan adanya tes psikotes ini siswa kelas XII dapat memilih jurusan di Perguruan Tinggi sesuai minat dan bakat mereka. (Tsa)

Bagikan :

Artikel Lainnya

Alumni Sumbang Tujuh Judul Buku ...
Sleman (MAN 2 Sleman)- Rabu, 26 September 2024 Perpustakaan Ba...
Tingkatkan Adab dan Kedisiplinan...
Sleman (MAN 2 Sleman) – MAN 2 Sleman menyelenggarakan kegiatan...
PKS MAN 2 Sleman Resmi Dilantik ...
Sleman (MAN 2 Sleman) – Siswa yang tergabung dalam PKS MAN 2 S...
MAN 2 Sleman Berikan Pelatihan P...
Sleman (MAN 2 Sleman) – Patroli Keamanan Sekolah (PKS) yang me...
Siswa MAN 2 Sleman Semangat Ikut...
Sleman (MAN 2 Sleman)-- Seni kriya adalah karya yang menekanka...
MAN 2 Sleman Sambut Baik Monev B...
MAN 2 Sleman – Untuk memonitoring dan mengevaluasi pengadaan b...

Hubungi kami di : 6285725028052

Kirim email ke kamiadmin@man2sleman.sch.id

Download App Man2Sleman

Nikmati Cara Mudah dan Menyenangkan Ketika Membaca Buku, Update Informasi Sekolah Hanya Dalam Genggaman