KUNJUNGAN MAHASISWA S2 UIN SUNAN KALIJAGA KE MAN 2 SLEMAN: OBSERVASI MANAJEMEN PENDIDIKAN INKLUSI

MAN 2 Sleman – Untuk mengetahui manajemen pendidikan inklusi, mahasiswa S2 Manajemen Pendidikan Islam, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Rifa Rizkia F, datang Kedua kalinya ke MAN 2 Sleman pada hari Rabu (27/3/2024) di ruang ULD. Kedatangannya disambut baik oleh Tim ULD.

Observasi yang dilakukan Rifa lebih mengkhususkan pada manajemen program nonakademik. Rifa menanyakan terkait pelaksanaan program nonakademik, waktu pelaksanaannya, sampai pada prestasi nonakademik yang diperoleh siswa difabel.

ULD MAN 2 Sleman memberikan program nonakademik kepada siswa difabel melalui layanan kompensatoris, ekstrakurikuler, dan penjaringan bakat minat. Layanan kompensatoris meliputi layanan IT Difabel dan Al-Quran Braille. Adapun pelaksanaannya dilakukan pada sore hari setelah selesai pelajaran sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Misalnya, kelas X terjadwal mengikuti layanan IT Difabel pada hari Rabu, sedangkan kelas XI dilaksanakan pada hari Selasa. Semua siswa difabel wajib mengikuti layanan tersebut.

“Layanan kompensatoris bermanfaat untuk pengembangan kompetensi siswa difabel. Selain itu, digunakan untuk menunjang pembelajaran di kelas seperti pembelajaran akuntansi atau matematika. Siswa difabel harus mampu mengoperasikan Microsoft Office dan menyimpan data,” pungkas Suratini, Koordinator ULD.

Terkait layanan Al Quran Braille, Ahmad Tosirin Annaessaburi, guru Al Quran Braille, sekaligus GPK, menyampaikan bahwa meskipun teknologi sudah semakin maju, siswa difabel harus menguasai atau setidaknya mampu membaca dengan benar bacaan di Al Quran Braille, seperti Al Quran pada umumnya.

Untuk program ekstrakurikuler mereka dapat mengikuti kegiatan Musik Difabel dan Judo. Selama ini mereka sudah menorehkan hasil yang cukup memuaskan dengan diperolehnya Juara 1 dan 3 Cabor Judo di ajang KEJURDA II National Paralympic D.I.Yogyakarta pada tahun 2023.

Terkait penjaringan bakat minat sudah dilakukan di awal bersamaan dengan asesmen. Hasil asesmen dan wawancara dapat memetakan potensi, bakat, dan minat siswa difabel ke depan.

Dalam wawancara tersebut, Rifa sangat apresiasi atas pencapaian anak-anak difabel dan apresiasi bagi guru serta pembimbing yang sudah mendukung penuh untuk prestasi anak-anak. Di akhir sesi tersebut, ia meminta data lengkap terkait prestasi anak-anak difabel. (SDH)

Bagikan :

Artikel Lainnya

Akhiri Semester Genap, MAN 2 Sle...
Sleman (MAN 2 Sleman)- Pembelajaran Semester Genap Tahun Ajara...
Puncak Manivers 56, Man 2 Sleman...
Sleman (MAN 2 Sleman)—Kegiatan puncak manivers 56 (mandala ann...
Puncak Manivers 56, MAN 2 Sleman...
Sleman (MAN 2 Sleman)—Masih dalam rangkaian Harlah ke-56, Sabt...
MAN 2 Sleman Gelar Pengajian Dal...
Sleman (MAN 2 Sleman)—Masih dalam rangkaian Harlah ke 56 Man 2...
MAN 2 Sleman Gelar Simaan Al-Qur...
Sleman (MAN 2 Sleman)— menyongsong puncak harlah, MAN 2 Sleman...
Kegiatan Bakti Sosial Turut Meri...
Sleman (Man 2 Sleman)—Masih dalam menyemarakkan peringatan har...

Hubungi kami di : 6285725028052

Kirim email ke kamiadmin@man2sleman.sch.id

Download App Man2Sleman

Nikmati Cara Mudah dan Menyenangkan Ketika Membaca Buku, Update Informasi Sekolah Hanya Dalam Genggaman